Powered By Blogger

Selasa, 03 April 2012

NUTRISI YANG MURAH MERIAH UNTUK TANAMAN TERSAYANG

Apabila tidak sempat untuk membeli pupuk ke toko pertanian sekarang kita bisa mencari pupuk anorganik di pasar swalayan. Karena Tapi kita bisa membelinya di pasar swalayan saat kita berbelanja kebutuhan bulanan dan harian atau sekadar makan siang di mall.
Selain pupuk tersebut terdapat juga berbagai pupuk alternatif yang bisa kita juga bisa kita temukan di dapur kita. Seperti
-
- VETSIN. MECIN atau penyedap rasa .

Vetsin (Monosodium Glutamat atau MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat. Dibuat dari proses hidrolisa tanaman tebu.
Kalau dari segi keampuhannya sebagai pupuk, tidak jauh beda dengan urea. Karena komponen kimia yg diambil tanaman adalah Nitrogen dan Nitrat, maka "pupuk" ini lebih dipakai untuk tujuan pertumbuhan daun.

Caranya, taburkan sedikit vetsin ke permukaan media tanam dan siram dengan air bersih sedikit demi sedikit, hingga terlihat meresap ke dalam media.Ulangi setiap lima hari atau satu minggu sekali.

Pupuk Air Sisa Rebus Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat penting. Oleh karena itu sejak kecil pun kita sering diberikan Telur Rebus, mungkin sampai dewasa pun kita jadi senang makan telur rebus sebagai sarapan pagi.
Biasa anda apakan air sisa rebusan telur? Hampir semua orang pasti membuang air tersebut begitu saja. Ternyata… air sisa rebusan telur tersebut dapat di gunakan sebagai pupuk tanaman.Kok bisa? Air sisa rebusan telur mengandung kalsium, mineral dan vitamin lainnya dari kulit telur yang direbus.Bahan-bahan tersebut sangat baik untuk tanaman.
Caranya: Dinginkan air rebusan semalaman karena bila terlalu panas juga tidak baik untuk tanaman. Air bisa dimasukkan ke tempat penyiram tanaman dahulu.
- Air teh
Kalau semalam kita membuat teh dan kita lupa meminumnya. Jangan buang teh itu ke tempat cuci piring, karena . sangat bermanfaat ,salah satu manfaatnya dapat menyuburkan tanaman.
Caranya cukup dengan menyiramkan bagian akar dan tanah dengan menggunakan air teh basi tersebut dan air bekas mencuci beras tersebut. dapat disiram setiap hari. Aman dicampur menggunakan pupuk ataupun vetsin (msg) dijamin tanaman anda dapat subur
lebih cenderung terlihat pada daun.
- Air bekas cuci beras
Vitamin B1 mempunyai peranan di dalam metabolisme tanaman dalam hal mengkonversikan karbohidrat menjadi energi untuk menggerakkan aktifitas di dalam tanaman. Sehingga dengan demikian tanaman yang mengalami stres karena kondisi bare root (pengiriman tanpa media) ataupun dikarenakan pemindahan tanaman ke media baru, segera melakukan aktifitas metabolisme untuk beradaptasi dengan lingkungan ataupun media yang baru. Untuk tanaman yg sudah sehatpun akan menjadi lebih tidak gampang stres.
makanya kalo habis cuci beras, air bekas cucinya jangan dibuang, lebih baik air bekas cucinya buat siram tanaman
..
__________________
- Bubur kacang hijau basi
Kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) mempunyai nama lain, yaitu mungo,mungbeangreen-graingolden grawn..
Kacang hijau mempunyai nilai gizi yang cukup baik, mengandung vitamin B1 cukup tinggi (150-400 i.u.) dan vitamin A (9 i.u.}. Kacang hijau yang sudah menjadi kecambah kaya kandungan vitamin E (tokoferol) yang penting sebagai anti oksidan, dalam mencegah penuaan dini, dan anti sterilitas. Kandungan protein kacang hijau mencapai 24%, dengan kandungan asam amino esensiai seperti isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin. Kacang hijau mengandung karbohidrat sekitar 58%. Pemanfaatan sifat fungsional dari patinya dapat dibuat sebagai tepung bahan berbagai bentuk makanan bayi sampai orang dewasa. Pati kacang hijau terdiri dari amilosa28,8%, dan amilopektin 71,2%. Kegunaan lain tanaman kacang hijau adalah sebagai pupuk hijau dan penutup tanah.

- Air Kelapa Pemacu Pertumbuhan dan Pembungaan Anggrek

Air kelapa ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Air kelapa yang sering dibuang oleh para pedagang di pasar tidak ada salahnya untuk kita manfaatkan sebagai penyubur tanaman. Selama ini air kelapa banyak digunakan di Lab sebagai nutrisi tambahan di dalam media kultur jaringan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa kaya akan potasium (kalium) hingga 17 %. Selain kaya mineral, air kelapa juga mengandung gula antara 1,7 sampai 2,6 % dan protein 0,07 hingga 0,55 %. Mineral lainnya antara lain natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P) dan sulfur (S). Disamping kaya mineral, air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin seperti asam sitrat, asam nikotinat, asam pantotenal, asam folat, niacin, riboflavin, dan thiamin. Terdapat pula 2 hormon alami yaitu auksin dan sitokinin sebagai pendukung pembelahan sel embrio kelapa.
Penelitian di National Institute of Molecular Biology and Biotechnology (BIOTECH) di UP Los Baños mengungkapkan bahwa dari air kelapa dapat diekstrak hormon yang kemudian dibuat suatu produk suplemen disebut cocogro. Hasil penlitian menunjukkan bahwa produk hormon dari air kelapa ini mampu meningkatkan hasil kedelai hingga 64 %, kacang tanah hingga 15 % dan sayuran hingga 20-30 %. Dengan kandungan unsur kalium yang cukup tinggi, air kelapa dapat merangsang pembungaan pada anggrek seperti dendrobium dan phalaenopsis.
Mulai sekarang, cobalah untuk menyisihkan sedikit air kelapa yang kita minum untuk kita persembahkan kepada sahabat kita, anggrek tercinta. Slamat mencoba dan jangan lupa untuk melaporkan hasilnya sebagai evaluasi kepada teman-teman semua.

1 komentar: